Privasi

Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi

Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi (Privacy Notice)
Selengkapnya Privacy Notice
Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi (Privacy Notice)
Pemberitahuan Perlindungan Data Pribadi


PT Bank Pan Indonesia, Tbk. atau PT. Bank Panin Tbk adalah entitas bisnis yang bergerak dalam bidang layanan perbankan dan jasa keuangan, selanjutnya disebut “Kami”.


Kami menyadari sepenuhnya bahwa Data Pribadi merupakan aset yang penting, sehingga Kami berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan Pelindungan terhadap Data Pribadi Anda.


Kami menerapkan kebijakan dan praktik pelindungan sesuai Undang-Undang PDP (Undang – Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi) dan Peraturan-Peraturan yang menyertainya, serta mengedepankan prinsip kehati-hatian dan keamanan untuk pemrosesan data dalam penggunaan layanan Kami. Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi ini (“Pemberitahuan PDP”) menjelaskan kebijakan dan praktik yang Kami terapkan dalam pemrosesan Data Pribadi Anda saat menggunakan layanan Kami.


Pemberitahuan PDP ini berlaku untuk semua pengunjung dan pengguna Layanan Kami, antara lain:
1. Layanan Digital (Digital Banking)
2. Layanan Pembukaan Rekening dan Manajemen Rekening
3. Layanan Pengelolaan Pendanaan / Tabungan
4. Layanan Pembiayaan dan Pinjaman
5. Layanan Sistem Pembayaran
6. Layanan Kartu Debit dan Kartu Kredit
7. Layanan Investasi dan Wealth Management
8. Layanan Jasa Produk – Produk Perbankan Lainnya
9. Proses Rekrutmen Karyawan


(selanjutnya disebut “Layanan Kami”)


Semua pengunjung dan pengguna Layanan (Subjek Data Pribadi) yang menggunakan Layanan Kami (selanjutnya disebut “Anda”).


Mohon agar Anda dapat membaca dan memahami Pemberitahuan PDP ini dengan seksama, agar Anda memahami bagaimana pemrosesan Data Pribadi Anda.


Pemberitahuan PDP ini mencakup hal-hal sebagai berikut:
1. Ruang Lingkup Pemberitahuan PDP
Pemberitahuan PDP ini mengatur tentang kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik yang diterapkan oleh Kami sebagai Pengendali Data Pribadi dalam memperoleh, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengkinikan, menyebarluaskan, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, mengungkapkan, menghapus, dan memusnahkan (selanjutnya disebut “Pemrosesan”) Data Pribadi Anda.


2. Data Pribadi Yang Diproses
Kami memperoleh dan mengumpulkan informasi yang mengidentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik yang terkait dengan informasi tersebut yang dalam hal ini terbatas pada Layanan Kami.


Data Pribadi yang dikumpulkan dan diproses adalah Data Pribadi Anda yang diberikan berdasarkan persetujuan Anda secara langsung atau melalui kontraktual saat mendaftar atau menggunakan Layanan Kami baik secara elektronik maupun non-elektronik yang Kami kelola untuk memberikan Layanan kepada Anda seperti pada kantor cabang Bank Panin, portal website www.bankpanin.co.id, call center, Mobile Banking Bank Panin, dan Internet Banking Bank Panin www.internetpanin.com.

Data Pribadi yang dibutuhkan oleh Kami untuk menyelenggarakan Layanan dan Jasa atas dasar kesepakatan antara para pihak, meliputi Data Pribadi yang bersifat umum dan spesifik yang sesuai dengan produk yang Anda gunakan, antara lain sebagai berikut:

Data Umum seperti:

  1. Nama lengkap,
  2. Jenis kelamin,
  3. Tempat tanggal lahir
  4. Kewarganegaraan,
  5. Status perkawinan,
  6. pekerjaan
  7. Nama keluarga,
  8. Nomor Telepon,
  9. Alamat email,
  10. Alamat kantor atau rumah.
  11. Nomor Induk Identitas Kependudukan (KTP) atau Nomor Paspor

Data Spesifik seperti: 

  1. Informasi rekening,
  2. Informasi keuangan dan aset,
  3. Informasi pekerjaan dan usaha,
  4. Biometrik (jika berlaku),
  5. Informasi pajak dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  6. Status kredit dan riwayat pinjaman,

3. Tujuan Pemrosesan Data Pribadi
Kami mengumpulkan Data Pribadi dalam berbagai bentuk tujuan, yang diperkenankan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda, Kami memiliki tujuan pemrosesan Data Pribadi (“Tujuan”) sebagai berikut:

  • Untuk pemenuhan kewajiban hukum dan peraturan, seperti Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan PPATK;
  • Untuk kebutuhan verifikasi dan pemrosesan Data Pribadi guna menghasilkan data profil Anda sebagai Subjek Data Pribadi;
  • Untuk memberikan Layanan terbaik Kami kepada Anda;
  • Untuk menjalankan penyelesaian masalah dan keluhan terkait akses terhadap Layanan Kami;
  • Untuk melakukan pemeliharaan, peningkatan, pengembangan, pengujian, serta mempersonalisasikan aplikasi, maupun Layanan Kami untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda;
  • Untuk kebutuhan pemasaran / promosi dari Produk dan Layanan Kami yang mungkin Anda minati dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan Anda.

4. Penyimpanan Data Pribadi
Kami berkomitmen untuk menyimpan Data Pribadi Anda dengan pelindungan terbaik selama diperlukan untuk menyediakan Layanan dan Kami. Sebagian dari Data Pribadi dapat pula dikelola, diproses, dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami guna menjaga kinerja Layanan dengan tetap mematuhi kewajiban atas akses dan efektivitas pengawasan sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku.


Kami menyimpan Data Pribadi Anda sebagaimana disebutkan di atas sepanjang hal tersebut dibutuhkan untuk mencapai tujuan mengapa Data Pribadi tersebut dikumpulkan, ketika Anda masih menggunakan Layanan, atau sepanjang penyimpanan tersebut diharuskan atau diperkenankan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.


Kami akan berhenti untuk memproses Data Pribadi Anda setelah mengkaji alasan bahwa pengumpulan Data Pribadi tersebut tidak lagi terpenuhi dengan pemrosesan Data Pribadi terkait, serta pemrosesan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum dan bisnis.


5. Pemrosesan Data Pribadi
Dasar pemrosesan atas Data Pribadi yang dilakukan oleh Kami meliputi:

  • Persetujuan yang sah secara eksplisit dari Subjek Data Pribadi untuk 1 (satu) atau beberapa tujuan tertentu yang telah disampaikan oleh Kami kepada Subjek Data Pribadi;
  • Pemenuhan kewajiban perjanjian dalam hal Subjek Data Pribadi merupakan salah satu pihak atau untuk memenuhi permintaan Subjek Data Pribadi pada saat akan melakukan perjanjian;
  • Pemenuhan kewajiban hukum dari Kami sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya dengan memperhatikan tujuan, kebutuhan, dan keseimbangan kepentingan Kami dan hak Subjek Data Pribadi.

Subjek Data Pribadi, dengan ini mengakui dan jika diwajibkan oleh peraturan Perlindungan Data Pribadi yang berlaku, Data Pribadi dapat diproses atau diungkapkan oleh Kami dalam hal dalam hal:
a. Untuk kepentingan hukum yang berlaku dan/atau untuk menanggapi proses hukum yang sedang berjalan.
b. Untuk kepentingan perpajakan sesuai dengan yang diatur oleh Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku.
c. Untuk melindungi keselamatan Kami, keselamatan Subjek Data Pribadi atau keselamatan orang lain atau demi kepentingan yang sah dalam konteks:

  • i. Keamanan nasional.
  • ii. Proses penegakan hukum.
  • iii. Penyelenggaraan negara.
  • iv. Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.
  • v. Agregat data dan pemrosesannya ditujukan guna kepentingan statistik dan penelitian ilmiah dalam rangka penyelenggaraan negara.
  • vi. Keadaan darurat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

d. Untuk kepentingan audit internal di lingkungan Kami dan perusahaan yang terafiliasi.
e. Jika diperlukan, sehubungan dengan proses hukum yang diajukan terhadap Kami, pejabat, karyawan, afiliasi atau pihak ketiga terkait lainnya.
f. Untuk menetapkan, melaksanakan, melindungi, mempertahankan, dan menegakkan hak-hak hukum Kami.
g. Dalam melakukan pemrosesan data, Kami bekerjasama dengan pihak lain baik dalam hubungan sebagai Pengendali Bersama atau Prosesor Data Pribadi.
h. Dalam rangka Pemrosesan Data Pribadi dengan perusahaan afiliasi Kami, Kami hanya akan memberikannya dengan itikad baik dalam bentuk ringkasan atas dasar kepentingan yang sah di mata hukum.
i. Untuk melakukan pengungkapan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga, dalam rangka untuk memberikan Layanan kepada Anda dan membantu pemerintah Republik Indonesia beserta institusi pendukungnya untuk pelaksanaan fungsi-fungsi negara.
j. Untuk Layanan tertentu, Kami perlu memproses Data Pribadi yang spesifik, seperti informasi yang berkaitan dengan kesehatan, genetika, pengidentifikasi biometrik dan informasi lain yang dibutuhkan. Sejauh Kami memerlukan persetujuan eksplisit dari Anda untuk memproses data semacam ini, Kami akan memberikan perincian tentang pemrosesan Data Pribadi pada saat pengumpulan data dan meminta persetujuan dari Anda.

6. Kebijakan Penggunaan Cookies
Kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman Anda saat menjelajah situs web/website Kami, memberikan personalisasi iklan atau konten, dan menganalisis traffic Kami.
Situs web/ website Kami menggunakan cookies untuk membedakan Anda dari pengunjung lain pada situs web/ website Kami. Hal ini untuk membantu Kami dalam memberikan pengalaman yang terbaik ketika Anda menggunakannya dan juga memungkinkan Kami untuk meningkatkan kualitas Layanan melalui situs web / website Kami.
Anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa atau semua cookies, namun penonaktifan dapat memengaruhi pengalaman menjelajah Anda.


7. Hak Subjek Data Pribadi
Sebagai Subjek Data Pribadi, Anda berhak untuk:

  • Mendapatkan informasi tentang kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi, dan akuntabilitas pihak yang meminta Data Pribadi.
  •  Melengkapi, memperbarui, mengkinikan, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi.
  • Mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi tentang diri Anda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi tentang diri Anda yang telah diberikan kepada Pengendali Data Pribadi.
  • Mengajukan keberatan yang didasarkan pada bukti-bukti yang resmi dan akurat atas tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan secara otomatis, termasuk pembuatan profil, yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada Subjek Data Pribadi.
  • Mengajukan permohonan penundaan secara resmi dan atau tertulis untu menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi.
  • Mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi tentang diri Anda dari Pengendali Data Pribadi dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik.
  • Menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi tentang diri Anda ke Pengendali Data Pribadi lainnya, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman sesuai dengan prinsip Pelindungan Data Pribadi (PDP) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Dan hal lainnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada Undang-Undang PDP.

8. Akses ke Data Pribadi
Kami berkomitmen untuk memenuhi hak Anda untuk mengakses Data Pribadi yang dikumpulkan dan diproses. Dalam memenuhi permintaan akses ke Data Pribadi, Kami dapat menolak permintaan apabila menemukan bahwa permintaan akses ke Data Pribadi yang memenuhi salah satu atau lebih kondisi berikut ini:

  • Tidak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku khususnya dalam hal membuka rahasia / data nasabah penyimpan
  • Membahayakan keamanan atau keamanan fisik atau keamanan mental dari Subjek Data Pribadi dan/atau orang lain.
  • Berdampak pada pengungkapan Data Pribadi milik orang lain.
  • Bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan nasional.
  • Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan permintaan akses Data Pribadi, Anda dapat menghubungi saluran komunikasi melalui yang tertera di bawah ini.

9. Perbaikan dan Pemutakhiran Data Pribadi Anda
Apabila Anda menemukan kekeliruan dalam Data Pribadi yang disebabkan oleh ketidakakuratan atau diperlukan pembaruan atau pengkinian atas Data Pribadi, maka Anda dapat meminta kepada Kami untuk memperbaiki, melengkapi dan/atau memperbarui Data Pribadi yang berada dalam pengelolaan Kami dengan menghubungi saluran komunikasi yang tertera di bawah ini.


Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian Data Pribadi Anda, Kami berhak menghentikan Layanan berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan Kami.


Kami menghimbau Anda untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan atau pengkinian Data Pribadi Anda.


10. Keamanan dan Kerahasiaan Data Pribadi Anda
Keamanan dan kerahasiaan Data Pribadi Anda adalah prioritas bagi Kami. Kami berkomitmen untuk memberlakukan upaya terbaik dalam rangka melindungi dan mengamankan Data Pribadi dari akses pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, pengungkapan, perbaikan dan penghapusan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.


Kami terus memperbarui langkah-langkah ini, memastikan langkah-langkah tersebut sejalan dengan teknologi terkini dan praktik terbaik. Meskipun Kami berupaya mempertahankan standar keamanan tertinggi, harap diingat bahwa tidak ada sistem yang sepenuhnya aman sehingga kami tidak bisa dituntut secara hukum tanpa pembuktian terlebih dahulu bahwa kejadian penyimpangan merupakan kesengajaan Kami.


Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Data Pribadi yang berada di luar kendali Kami, Kami akan dengan segera memberitahukan kepada Anda pada kesempatan pertama sehingga dapat mengurangi risiko yang timbul atas kejadian tersebut. Anda bertanggung jawab dalam menjaga kerahasiaan informasi Data Pribadi Anda, termasuk menjaga pin, cvv, username, password, email maupun OTP (One-Time Password) dari siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang digunakan.


11. Penghapusan dan Pemusnahan Data Pribadi
Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau sesuai kebijakan retensi arsip data milik Kami, Kami dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda dari sistem Kami agar tidak dapat lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal untuk memenuhi kewajiban hukum, keperluan pembuktian di kemudian hari, pajak, audit dan akuntansi.

Kami akan memberikan pemberitahuan kepada Anda sebelum dilakukan penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi. Pemberitahuan akan dikirimkan melalui alamat email yang terakhir kali Anda daftarkan pada sistem Kami melalui panin@panin.co.id. Apabila alamat email tersebut tidak tersedia, tidak valid, atau tidak lagi aktif, maka pemberitahuan dianggap telah dilakukan secara patut dan proses penghapusan akan tetap dilanjutkan sesuai dengan kebijakan retensi data dan ketentuan yang berlaku.


12. Perubahan atas Pemberitahuan PDP
Pemberitahuan Pelindungan Data Pribadi (PDP) ini dapat diubah dan/atau diperbaharui sesuai kebutuhan. Kami menghimbau kepada Anda agar selalu membaca dengan seksama dan memeriksa halaman ini secara berkala untuk mengetahui perubahan atas kebijakan ini.
 

Anda dapat mengajukan permohonan atas hal ini setiap waktu dengan menyampaikan pemberitahuan yang beralasan ke saluran komunikasi yang disediakan oleh Kami.


13. Penarikan Persetujuan
Anda dapat menarik persetujuan atas Data Pribadi untuk pemrosesan promosi / marketing dengan dengan menghubungi Kami melalui panin@panin.co.id.


14. Hubungi Kami
Jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan Pemberitahuan PDP ini, memiliki keluhan terkait layanan Kami, dan dalam kaitan penanganan perselisihan hukum, silahkan hubungi Kami melalui saluran komunikasi sebagai berikut:
Call Center:1500678 atau (021) 251-5555
e-Mail:panin@panin.co.id