Beranda > Bisnis > Layanan Perbankan > Impor

Impor

Impor adalah perdagangan dengan cara memasukkan barang dari luar negeri ke dalam wilayah pabean Indonesia dengan memenuhi ketentuan yang berlaku. Layanan ini memberikan jaminan kelancaran transaksi kepada kedua belah pihak, baik importir dan eksportir, karena bank akan memastikan dokumen impor telah sesuai dengan persyaratan L/C sebelum melakukan pembayaran.

Manfaat menggunakan jasa pelayanan L/C Impor :

• Memperlancar dan memberikan rasa aman bagi importir dimana pembayaran ke luar negeri (beneficiary) hanya dilakukan setelah eksportir menyerahkan dokumen sesuai persyaratan yang diminta importir kepada bank. bank memeriksa dokumen impor yang diterima.

• Apabila memperoleh fasilitas impor dari bank, importir tidak harus perlu menyediakan keseluruhan dana atau (biasanya persentase tertentu saja) sampai barang impor tiba untuk ditebus.

• Importir dapat menggunakan hak pemilikan atas dokumen sesuai syarat L/C untuk memperoleh pembiayaan kembali (refinancing).

• Importir merasa terjamin bahwa bank akan dapat menolak pembayaran kepada eksportir kecuali jika eksportir telah tidak memenuhi persyaratan yang diminta importir seperti yang ditentukan di syarat tertera dalam L/C.


Jenis-jenis L/C Impor atas dasar cara dan saat pembayaran :

• Sight L/C : Terhadap Penyerahan dokumen yang sesuai dengan syarat L/C akan segera dilakukan pembayaran

• Usance L/C : Terhadap penyerahan dokumen yang sesuai syarat L/C tidak dilakukan pembayaran segera melainkan dilakukan akseptasi yaitu menyetujui untuk melakukan pembayaran pada waktu tertentu saat jatuh tempo (sesuai syarat L/C).

Pembiayaan Dan Jasa :

1. Fasilitas Pembukaan L/C /Letter Of Credit Issuance
Instrumen yang memberikan kepastian pembayaran kepada pihak eksportir di luar negeri. Jenis L/C yang biasa dimanfaatkan adalah Sight L/C dan Usance L/C.

2. Fasilitas Pembayaran LC /Trust Receipt Financing
Fasilitas kredit jangka pendek bagi importir untuk memenuhi kewajiban pembayaran Sight L/C.

3. Fasilitas Shipping Guarantee
Jaminan yang diperuntukkan bagi maskapai pelayaran untuk kepentingan bongkar muat barang apabila barang sudah tiba di pelabuhan tetapi dokumen yang disyaratkan L/C atau B/L (Bill of Lading) asli belum diterima.

4. Incoming Documentary Collection
Pelayanan pembayaran tagihan dari pihak eksportir melalui bank di luar negeri berdasarkan dokumen kepemilikan barang yang disyaratkan.

5. Penerimaan Pajak Impor / Pemberitahuan Impor Barang (PIB) Sebagai bank yang ditunjuk oleh Departemen Keuangan sebagai bank persepsi dalam penerimaan pajak impor, dengan demikian Anda dapat membayar pajak impor baik L/C maupun Non L/C melalui Bank Panin


Syarat-syarat Pembukaan Impor Letter Of Credit
• Importir memiliki SIUP, TDP, NPWP, Angka Pengenal Impor (API), atau / API Terbatas (APIT) dan NPWP
• Memiliki plafond /line pembukaan L/C
• Mengisi formulir pembukaan L/C & memenuhi syarat-syarat umum pembukaan L/C