e-Cash Panin

 



Syarat Ketentuan

1. Istilah
  1. Aplikasi e-cash Panin adalah aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone atau sarana lainnya yang akan ditentukan Bank kemudian hari sebagai media registrasi dan penggunaan e-cash Panin.
  2. Bank adalah PT Bank Panin (Persero) Tbk. berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta.
  3. Cabang adalah seluruh kantor cabang Bank yang beroperasi di wilayah Indonesia.
  4. Daftar adalah akses awal layanan e-cash Panin oleh pengguna telepon seluler melalui USSD maupun aplikasi e-cash Panin dengan nomor telepon seluler sebagai nomor rekening.
  5. e-Banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah Bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik yang disediakan Bank antara lain Internet Banking, Mobile Banking, ATM, EDC dan Call Center.
  6. Handphone adalah perangkat komunikasi seluler yang dipakai Pemegang untuk mengakses rekening e-cash Panin, termasuk di dalamnya jaringan operator jasa seluler yang digunakan oleh Pemegang.
  7. Isi Ulang adalah layanan isi ulang saldo e-cash Panin yang dapat dilakukan via e-banking, transfer dari bank lain atau sarana lainnya yang akan ditentukan Bank kemudian hari dengan sumber dana berasal dari rekening giro/tabungan.
  8. Kata Rahasia adalah adalah kata yang hanya diketahui oleh pemegang, yang dibuat pada saat pendaftaran e-cash Panin, yang digunakan untuk melakukan reset PIN.
  9. e-cash Panin adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi di handphone untuk melakukan transaksi perbankan.
  10. Mobile Network Operator adalah penyedia layanan komunikasi nirkabel yang memiliki atau mengontrol semua elemen yang diperlukan untuk menjual dan memberikan layanan kepada pengguna telepon seluler.
  11. Nasabah Giro/Tabungan adalah seluruh nasabah Bank yang memiliki produk giro dan/atau tabungan dalam mata uang Rupiah.
  12. OTP (One Time Password) adalah password dinamis yang dikirimkan ke nomor telepon seluler pemegang e-cash Panin.
  13. Pembayaran adalah layanan transaksi pembayaran tagihan yang didebet langsung dari saldo rekening e-cash Panin nasabah.
  14. Pembelian adalah layanan transaksi pembelian melalui e-cash Panin yang didebet langsung dari saldo rekening e-cash Panin nasabah.
  15. Pemegang e-cash Panin Unregistered adalah pemegang e-cash Panin yang terdaftar namun tidak tercatat data identitasnya dengan saldo maksimal Rp. 2.000.000,00 (dua juta rupiah), dimana pemegang dapat melakukan pembayaran dan pembelian.
  16. Pemegang e-cash Panin Registered adalah pemegang e-cash Panin yang terdaftar dan tercatat data identitasnya dengan saldo maksimal Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), dimana pemegang dapat melakukan pembayaran, pembelian, transfer dan tarik tunai
  17. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang dibuat pada saat awal pendaftaran e-cash Panin, yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pemegang serta harus dicantumkan/dimasukkan oleh Pemegang e-cash Panin di handphone pada saat menggunakan layanan.
  18. Rekening e-cash Panin adalah rekening pemegang e-cash Panin berupa nomor telepon seluler pemegang dan dalam mata uang Rupiah.
  19. Simcard adalah identitas pelanggan provider telekomunikasi yang digunakan dengan peralatan seluler (handphone).
  20. Tarik Tunai adalah layanan penarikan secara tunai tanpa kartu oleh pemegang e-cash Panin melalui panin ATM
  21. Transfer adalah layanan pemindahan saldo antar e-cash Panin maupun ke rekening giro/tabungan dan ke nomor telepon seluler lainnya.
  22. Upgrade Layanan adalah perubahan status pemegang e-cash Panin dari unregistered menjadi registered.
2. Layanan e-cash Panin
  1. Pengajuan menjadi Pemegang e-cash Panin dilakukan dengan cara pendaftaran melalui handphone calon Pemegang, dimana nomor handphone menjadi nomor rekening e-cash Panin, dengan ketentuan setiap nomor handphone hanya dapat digunakan untuk satu rekening e-cash Panin.
  2. Layanan e-cash Panin terdiri dari pendaftaran dan upgrade layanan, transaksi tunai berupa penyetoran dan/atau penambahan saldo (isi ulang) serta tarik tunai, permintaan informasi saldo dan mutasi transaksi, pembayaran tagihan, pengiriman uang, dan transaksi lainnya yang disediakan oleh Bank.
  3. Transaksi menggunakan e-cash Panin hanya dapat dilakukan selama saldo e-cash Panin mencukupi.
  4. Saldo uang elektronik yang tersimpan dalam e-cash Panin bukan merupakan saldo simpanan sehingga tidak diberikan bunga dan tidak terkategori dana yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
  5. Transaksi Pemegang disimpan secara elektronik di dalam server Bank. Pemegang dapat melihat saldo dan mutasi rekening e-cash Panin melalui handphone. Namun demikian dalam hal terdapat perbedaan antara data saldo dan/atau mutasi yang tertera pada handphone, maka yang dipergunakan sebagai pedoman dan mempunyai kekuatan mengikat adalah data pada Bank.
  6. Bank berhak untuk sewaktu-waktu melakukan perubahan atas detail fitur, manfaat, biaya dan hal lain yang terkait dengan e-cash Panin, serta Syarat dan Ketentuan e-cash Panin yang akan diberitahukan melalui media pemberian informasi/ pengumuman yang lazim digunakan Bank untuk keperluan tersebut, seperti melalui pengumuman pada kantor Bank atau media lain yang mudah diakses pemegang seperti media elektronik.
  7. Saldo dan/atau mutasi rekening e-cash Panin tercatat dalam sistem khusus Bank yang diperuntukan bagi pengelolaan uang elektronik dari rekening dana pihak ketiga pada umumnya serta tidak termasuk dalam program Penjamin Simpanan berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2004, tentang Lembaga Penjamin Simpanan.
3. Limit dan Biaya
  1. Dalam rangka pengelolaan risiko transaksi, Bank menetapkan limit transaksi harian dan bulanan yang dapat dilakukan oleh pemegang, dan atas dasar pertimbangan Bank, limit tersebut dapat diubah dan perubahan tersebut akan disampaikan melalui media informasi yang umum digunakan Bank.
  2. Limit dan biaya transaksi uang masuk (incoming) pada rekening e-cash Panin unregistered dan registered adalah sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) dalam sebulan.
  3. Pemegang e-cash Panin dengan ini memberikan kuasa kepada Bank untuk membebani rekening e-cash Panin dengan biaya-biaya yang berlaku di Bank, termasuk yang ditagih oleh pihak ketiga dalam kaitannya dengan transaksi yang dilakukan Bank untuk kepentingan pemegang e-cash Panin.
  4. Pemegang wajib membayar biaya yang mungkin timbul atas layanan e-cash Panin yaitu penggantian media e-cash Panin yang rusak atau hilang.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai biaya layanan e-cash Panin yang saat ini berlaku dapat dilihat pada website Bank Panin
4. Pembukaan Rekening e-cash Panin
  1. Pembukaan rekening e-cash Panin dapat dilakukan melalui pendaftaran di handphone calon Pemegang.
  2. Pemegang yang telah melakukan pendaftaran melalui handphone dapat melakukan upgrade layanan menjadi Pemegang e-cash Panin Registered melalui handphone atau datang kecabang Bank terdekat dengan mengisi dan menandatangani formulir aplikasi serta menunjukan bukti asli identitas diri yang berlaku dan sah (KTP,Paspor, SIM/Lainnya). Pemegang yang telah melakukan upgrade layanan dapat memperoleh seluruh layanan perbankan dan transaksi yang dijelaskan pada layanan e-cash Panin.
  3. Pemegang dapat mengakses e-cash Panin melalui aplikasi yang telah dikembangkan oleh Bank dengan nomor simcard handphone yang sudah terdaftar.
  4. Calon pemegang telah membaca dan memenuhi syarat dan ketentuan e-cash Panin serta membubuhkan tanda pada kolom yang telah disediakan.
  5. Bank Panin berhak atas pertimbangannya sendiri karena alasan apapun, untuk melakukan pembatalan dan/atau penolakan proses upgrade layanan dari unregistered menjadi registered.
5. Pemblokiran, Pembukaan Blokir, Re-issue dan Penutupan e-cash Panin
  1. Untuk kepentingan pemegang e-cash Panin, Bank atas pertimbangan sendiri berhak memblokir rekening e-cash Panin dalam hal terdapat kesalahan PIN sebanyak 3 (tiga) kali pada saat mengakses/melakukan transaksi ataupun karena hal-hal lain yang menurut pertimbangan Bank dapat menimbulkan kerugian bagi pemegang e-cash Panin.
  2. Atas perintah pejabat instansi yang berwenang, Bank dapat memblokir rekening e-cash Panin sampai ada instruksi lebih lanjut dari pejabat instansi yang berwenang untuk membuka kembali rekening e-cash Panin.
  3. termasuk tapi tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat atau pihak dan/atau Bank berdasarkan alasan dan pertimbangan lain yang semata-mata ditetapkan oleh Bank.
  4. Atas permintaan pemegang e-cash Panin antara lain dikarenakan hilangnya handphone atau simcard, pemegang e-cash Panin dapat meminta Bank untuk melakukan pemblokiran rekening e-cash Panin melalui CallPanin 1500678.
  5. Pemegang e-cash Panin dapat mengajukan permohonan pembukaan blokir kepada Bank melalui CallPanin 1500678 dapat dilakukan apabila nomor handphone tersebut telah diaktifkan kembali oleh pemegang. Pembukaan blokir hanya dapat dilakukan oleh pemegang setelah verifikasi data pada aplikasi e-cash Panin sesuai dengan data yang tersimpan pada sistem bank.
  6. Pemegang e-cash Panin dapat mengajukan re-issue PIN rekening e-cash Panin melalui CallPanin 1500678 dan kemudian diwajibkan segera melakukan perubahan PIN setelah PIN baru diterima melalui pesan singkat yang dikirimkan ke nomor telepon seluler pemegang.
  7. Layanan permintaan blokir, buka blokir dan re-issue PIN ini hanya diberikan kepada pemegang e-cash Panin unregistered dan registered.
  8. Pemegang e-cash Panin harus memastikan sisa saldo dalam e-Cash Panin sudah Rp. 0,- pada setiap rekening e-cash Panin yang ditutup.
  9. Apabila setelah dipertimbangkan kewajiban pemegang e-cash Panin kepada Bank masih terdapat kewajiban pemegang e-cash Panin, maka pemegang e-cash Panin wajib melunasi kewajibannya tersebut.
  10. Pemegang e-cash Panin membebaskan Bank Panin dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun sehubungan dengan proses upgrade layanan, pemblokiran, re-issue dan penutupan panin-ecash.
6.Tanggung Jawab Pemegang e-cash Panin
  1. Pemegang bertanggung jawab terhadap keamanan simcard beserta handphone yang digunakan sebagai media untuk mengakses e-cash Panin yang dimilikinya dengan melakukan pemeliharaan dan penyimpanan yang memadai guna mencegah terjadinya kegagalan proses akibat tidak berfungsinya simcard dan handphone yang digunakan pemegang, pencurian maupun penyalahgunaan dan/atau kejahatan lainnya oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.
  2. Pemegang bertanggung jawab untuk memperlakukan secara rahasia data-data yang bersifat pribadi, diantara tapi tidak terbatas pada kode pengguna, kode rahasia, PIN, dan lainnya.
  3. Pemegang bertanggung jawab untuk merubah PIN secara berkala dalam rangka menjaga keamanan rekening e-cash Panin miliknya.
  4. Pemegang bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan memilih menu transaksi, kesalahan memasukan nomor tujuan pembayaran, kesalahan memasukan nomor rekening, dan kesalahan memasukan nominal. Untuk itu, Pemegang wajib mengikuti setiap petunjuk dalam melakukan transaksi, dan kerugian/pengurangan saldo e-cash Panin atas transaksi yang keliru, menjadi beban Pemegang.
  5. Dengan memperhatikan segala ketentuan tersebut diatas, pemegang dengan ini bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian dan tuntutan yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan dan/atau pelanggaran dan/atau kejahatan atas e-cash Panin termasuk tetapi tidak terbatas atas kerugian yang timbul dikarenakan dan/atau kesalahan, tindakan ketidak hati-hatian atau kecerobohan serta penyalahgunaan kode pengamanan oleh pemegang dan Bank dilepaskan dari segala kerugian dan tuntuan yang timbul dari pemegang dan pihak ketiga manapun.
7. Hukum Yang Berlaku
  1. Syarat dan ketentuan ini ditafsirkan menurut dan tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Syarat dan ketentuan ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  3. Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan baik secara musyawarah dan/atau mediasi, akan diselesaikan melalui Domisili Hukum di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, akan tetapi dengan tidak mengurangi hak BANK untuk melakukan penuntutan terhadap pemegang e-cash di pengadilan-pengadilan manapun juga di dalam wilayah Republik Indonesia yang dipandang perlu oleh BANK sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
8. Lain-lain
  1. Pemegang setuju atas permintaan Bank, akan memberikan dan/atau mengkonfirmasi informasi yang diperlukan Bank sehubungan dengan data pemegang, rekening maupun data keuangan Pemegang.
  2. Tidak dapat digunakannya e-cash Panin untuk melakukan transaksi, dalam hal nomor handphone diblokir dan/ atau dinonaktifkan oleh provider handphone atau terjadi gangguan komunikasi dari provider handphone menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari pemegang. Pemegang melepaskan Bank dari segala tuntutan dan kerugian yang mungkin timbul dikemudian hari.
  3. Bank dapat mengubah Syarat dan Ketentuan e-cash Panin saat ini dengan pemberitahuan kepada Pemegang atau melalui media pemberian informasi/ pengumuman yang lazim digunakan Bank.
  4. Terhadap hal - hal yang tidak diatur secara khusus dalam Syarat dan Ketentuan ini, Pemegang menyatakan tunduk pada seluruh ketentuan dan prosedur operasional yang seumumnya berlaku pada Bank terkait dengan pelaksanaan transaksi dan layanan perbankan lainnya seperti namun tidak terbatas dan prosedur verifikasi baik verifikasi tanda tangan maupun verifikasi secara elektronis.
  5. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan e-cash Panin ini, pemegang mengikatkan dan menyatakan bahwa Bank telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik produk e-cash Panin yang akan dimanfaatkan oleh pemegang dan pemegang telah mengerti dan memahami segala konsekuensi pemanfaatan produk e-cash Panin, termasuk manfaat, risiko dan biaya-biaya melekat pada produk e-cash Panin.
  6. Apabila terjadi peristiwa-peristiwa darurat (force majeure) yaitu, termasuk namun tidak terbatas pada pemogokan kerja, kebakaran, kerusuhan massa, sabotase, bencana alam seperti gempa bumi, dan banjir atau hal-hal lain di luar kekuasaan para pihak, maka tidak ada phak manapun yang dapat dituntut untuk memberikan ganti rugi atas segala kerugian yang timbul sebagai akibat terjadinya peristiwa force majeure tersebut.
  7. Nasabah setuju bahwa Panin Bank berhak untuk menyimpan dan menggunakan data yang melekat pada atau ditransmisikan oleh ponsel yang digunakan Nasabah untuk mengunduh aplikasi ecash Panin antara lain untuk kenyamanan dan keamanan Nasabah dalam bertransaksi.
  8. Nasabah dengan ini setuju bahwa Panin Bank berhak untuk menginformasikan nama, nomor ecash Panin, dan/atau data Transaksi Nasabah kepada pihak lain yang terkait dengan Transaksi yang dilakukan oleh Nasabah.
9.Kebijakan Kerahasiaan Data Nasabah
  1. Bank berkewajiban menjaga dan merahasiakan segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan Simpanan Nasabah
  2. Bank dilarang dengan cara apapun, memberikan data dan/atau informasi pribadi mengenai Nasabah Penyimpan dan simpanannya kepada pihak ketiga
  3. Larangan sebagaimana dimak\sud pada angka 2 dikecualikan dalam hal:
    a. Nasabah memberikan persetujuan tertulis; dan/atau
    b. Terdapat ijin dari Otoritas Jasa Keuangan
    c. Diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan.
10.Pengaduan Keluhan
  1. Pertanyaan dan keluhan pemegang terkait layanan e-cash Panin, dan dapat disampaikan secara lisan melalui CallPanin 1500678 atau secara tertulis melalui cabang Bank dengan menyertakan dokumen yang disyaratkan oleh Bank.
  2. Pertanyaan dan keluhan yang disampaikan secara lisan namun tidak dapat diselesaikan Bank maksimal dalam waktu 2 hari kerja, pemegang wajib mengajukan secara tertulis.
  3. Bank akan melakukan verifikasi data Pemegang e-cash Panin dengan berpedoman pada data Pemegang yang tersimpan pada sistem Bank. Bank berhak melakukan penolakan untuk memproses pertanyaan dan keluhan yang diajukan Pemegang terkait layanan e-cash Panin dalam hal data Pemegang yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pemegang yang tersimpan pada sistem Bank.
  4. Bank akan melakukan pemeriksaan/investigasi atas pengaduan Pemegang serta memberikan jawaban kepada Pemegang sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Bank setelah Bank menerima keluhan/pengaduan secara lengkap.