Beranda > Tentang Panin Bank > GCG > Whistle Blowing

Whistle Blowing System


Para Karyawan dan Nasabah

Dalam rangka menjalin kerjasama pengungkapan benturan kepentingan dan saling menghargai, PT Bank Panin Bank Tbk (Bank) mengharapkan dukungan  karyawan dan nasabah guna mencapai tujuan sebagai Bank terpercaya dalam menyediakan layanan berkualitas tinggi, pengelolaan risiko dan pengelolaan sumber daya yang tepat. Panin Bank menyediakan sistem pelaporan pelanggaran (Whistle Blowing System) melalui media pelaporan Email : kasihtau@panin.co.id

Untuk itu diharapkan kerjasama dan peran aktif para nasabah dan rekanan dalam bentuk penyampaian laporan informasi (Whistle Blowing), apabila dalam berhubungan dengan Bank terdapat hal-hal sebagai berikut:

    1.    Penipuan
    2.    Pencurian
    3.    Penggelapan Aset
    4.    Pembocoran Informasi
    5.    Tindak Pidana Perbankan
    6.    Tindak Pidana Pencucian Uang

Laporan tersebut dapat dikirim melalui email: kasihtau@panin.co.id  dengan mencantumkan identitas pelapor. Pelaporan anonim diperbolehkan namun tidak dianjurkan.
Dengan memberikan laporan pengungkapan pelanggaran tersebut, berarti para nasabah dan rekanan telah membantu Bank berperan aktif dalam melaksanakan Good Corporate Governance dan melaksanakan tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan, sehingga dapat terpelihara kesinambungan usaha dalam jangka panjang.
 
Perlindungan Bagi Pelapor
Atas laporan yang terbukti kebenarannya, bank akan memberikan perlindungan terhadap pelapor. Perlindungan bagi pelapor meliputi:

  • Jaminan kerahasiaan identitas pelapor dan isi laporan yang disampaikan
  • Jaminan perlindungan terhadap perlakuan yang merugikan pelapor
  • Jaminan perlindungan kemungkinan adanya tindakan ancaman, intimidasi, hukuman ataupun tindakan tidak menyenangkan dari pihak terlapor

Pemberian Sanksi
Apabila berdasarkan hasil investigasi terbukti terlapor melakukan fraud/pelanggaran, maka pejabat pemutus akan memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Para nasabah dan rekanan tidak perlu khawatir, karena Bank akan menjamin atas kerahasiaan identitas pelapor. Bank sangat berterima kasih apabila penyampaian laporan informasi tidak berupa sesuatu yang berdasarkan gosip dan dengan itikad buruk. Terima kasih atas kerjasamanya yang baik selama ini.

Salam Hangat,
Panin Bank
Presiden Direktur
Email: kasihtau@panin.co.id