Beranda > Tentang Panin Bank > GCG > Tentang GCG

Tentang Good Corporate Governance


1. DEKLARASI ANTI FRAUD
Deklarasi Anti Fraud adalah suatu pernyataan yang jelas dan tepat mengenai sikap Manajemen terhadap aktivitas fraud. Dalam Deklarasi Anti Fraud, Bank Panin menyatakan komitmennya “Zero Tolerance to Fraud” untuk melakukan bisnis yang sesuai dengan kode etik dan standar hukum yang tinggi juga untuk tidak melakukan tindakan fraud dan tindakan tidak sesuai lainnya.

2. PEDOMAN ETIKA DAN PERILAKU (Code of Conduct)
Dalam pelaksanaan Pedoman Etika dan Perilaku, Bank bertujuan untuk mengkomunikasikan suatu ekspektasi tindakan dan perilaku etis bagi seluruh karyawan dan Manajemen Bank.  Tanggung jawab atas tindakan etis merupakan suatu tanggung jawab pribadi dan masing-masing karyawan dan Manajemen Bank akan diminta bertanggung jawab atas tindakannya.
Standar etika merupakan suatu kerangka ekspektasi dimana semua karyawan dan Manajemen Bank diharapkan untuk bertindak sesuai kerangka ekspektasi tersebut. Pedoman Etika dan Perilaku tersebut harus berfungsi sebagai pedoman dasar yang berlaku bagi seluruh karyawan Bank.
Penerapan Pedoman Etika dan Perilaku dilakukan sesuai dengan Kebijakan Pedoman Etika dan Perilaku yang berlaku di Bank serta dikaji secara berkala agar sesuai dengan lingkungan Bank yang dinamis dan menyesuaikan dengan Kebijakan Anti Fraud ini.

3. WHISTLE BLOWING SYSTEM

4. CUSTOMER AWERENENESS
Tahap persiapan penerapan GCG dimulai dari awarness melalui berbagai sosialisasi di seluruh level, salah satunya adalah customer awereness yang merupakan edukasi yang dilakukan Bank ke nasabah. Edukasi berupa tagline yang ada pada banner di Cabang dan pada screen ATM.
Tagline pada banner:

    • Jangan menyimpan atau menitipkan uang atau dokumen perbankan anda (seperti buku tabungan, bilyet deposito, buku cek dan bilyet giro, slip transkasi bertandatangan, serta Kartu ATM / Debit) kepada siapapun (termasuk karyawan Bank di luar counter Bank yang resmi).
    • Jangan menandatangani formulir atau dokumen kosong.

    • Jangan memberitahukan PIN anda kepada siapapun (termasuk karyawan Bank).

    • Memindahkan cara transaksi ke Internet banking yang menggunakan token, yang jelas lebih aman.

    •  Mengupayakan bertransaksi di ATM yang ada di dalam cabang bank.

Tagline pada screen ATM:

    • Lakukan penggantian PIN anda secara berkala.
    • Selalu waspada ketika bertransaksi di ATM untuk memperhatikan apakah ada alat skimmer ataupun penyadap lainnya.

    • Selalu menjaga kerahasiaan nomor PIN.

    • Secara berkala, misalnya 2-3 bulan sekali, mengganti PIN.

5. ANTI PENCUCIAN DAN PRINSIP MENGENAL NASABAH
Penerapan Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah di PT Bank Panin Tbk telah berjalan sejak Peraturan Bank Indonesia No 3/10/PBI/2001 mengenai Prinsip Mengenal Nasabah diberlakukan pada tahun 2001.

Penerapan Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah yang dilakukan oleh PT Bank Panin Tbk mengacu pada ketentuan Undang-undang No 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang sebagaimana diubah dengan Undang-undang No 25 Tahun 2003 (UU TPPU), Peraturan Bank Indonesia No. 11/28/PBI/2009 mengenai Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme bagi Bank Umum  dan perubahan-perubahannya serta Keputusan-keputusan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK).

Secara berkala, Bank Indonesia, PPATK serta Auditor Internal Bank melakukan pengawasan atas penerapan Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah di PT Bank PaninTbk.
Dalam rangka menerapkan Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah, secara konsisten dan berkelanjutan  unit UKPN PT Bank Panin Tbk melakukan upaya-upaya sebagai berikut :

    • Menyusun program-program dalam rangka penerapan Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah.
    • Menyusun kebijakan dan prosedur Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah.
    • Melaksanakan program pelatihan dan sosialisasi Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah untuk seluruh karyawan.
    • Melakukan pengawasan/audit terhadap penerapan Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah
    • Menyiapkan organisasi yang bertanggung jawab atas penerapan Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah.
    • Menyiapkan sistem teknologi informasi untuk mendukung penerapan Anti Pencucian Uang dan Prinsip Mengenal Nasabah

Melalui upaya-upaya sebagaimana dijelaskan diatas, PT Bank Panin Tbk berkomitmen penuh untuk mendukung program pemerintah dalam memberantas Tindak Pidana Pencucian Uang serta menciptakan sistem perbankan yang sehat.