Beranda > Bisnis > Investasi > Reksa Dana

Reksa Dana

Reksa Dana

Reksa Dana adalah wadah investasi yang dilakukan secara kolektif (bersama-sama), dan investasi ini dikelola oleh manajer investasi. Terdapat berbagai tipe Reksa Dana seperti Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham, dimana masing-masing memiliki kebijakan dan risiko investasi yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa kinerja historis Reksa Dana bukan merupakan indikasi untuk hasil yang akan datang.

  • Reksa Dana Pasar Uang
    Reksa Dana yang hanya melakukan investasi pada Efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun.

  • Reksa Dana Pendapatan Tetap
    Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% (delapan puluh perseratus) dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat utang.

  • Reksa Dana Saham
    Reksa Dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% (delapan puluh perseratus) dari aktivanya dalam Efek bersifat Ekuitas.

  • Reksa Dana Campuran
    Reksa Dana yang melakukan investasi dalam Efek bersifat Ekuitas dan Efek bersifat utang yang perbandingannya tidak termasuk dalam Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Saham.

Manfaat berinvestasi di Reksa Dana, yaitu :

  • Pengelolaan secara profesional Pengelolaan portofolio investasi terdiversifikasi meliputi pemilihan instrumen, penentuan jangka waktu penempatan serta administrasi Investasi yang memerlukan analisa yang sistematis, monitoring yang terus menerus serta keputusan investasi yang cepat dan tepat (market timing). Di samping itu menggunakan keahlian khusus serta hubungan dengan berbagai pihak untuk dapat melakukan pengelolaan suatu portofolio investasi yang terdiversifikasi. Hal ini akan sangat menyita waktu dan konsentrasi bagi nasabah jika dilakukan sendiri. Melalui Reksa Dana, Anda akan memperoleh kemudahan karena terbebas dari pekerjaan tersebut di atas dan mempercayakan pekerjaan tersebut kepada Manajer Investasi yang profesional di bidangnya.

  • Diversifikasi Investasi Diversifikasi investasi adalah penyebaran investasi dengan maksud mengurangi risiko investasi. Jika dana investasi yang dimiliki relatif kecil, sulit untuk memperoleh manfaat diversifikasi tanpa kehilangan kesempatan memperoleh hasil investasi yang baik. Melalui Reksa Dana dimana dana dari berbagai pihak dapat dikumpulkan, sehingga diversifikasi investasi dapat lebih mudah dilakukan.

  • Likuiditas yang Tinggi Reksa dana terbuka memungkinkan pemodal mencairkan Unit Penyertaan pada setiap Hari Bursa dengan melakukan penjualan kembali Unit Penyertaan yang dimilikinya kepada Manajer Investasi. Hal ini memberikan tingkat likuiditas yang tinggi bagi nasabah.

  • Kemudahan Akses Berinvestasi Pelayanan transaksi Reksa Dana dapat dilakukan dengan mudah dan baik yaitu melalui Bank Panin sebagai Agen Penjual. Hanya dengan membuka rekening tabungan di Bank Panin, selanjutnya nasabah dapat melakukan transaksi Reksa Dana

  • Transparansi Prospektus dan Fund Fact Sheet secara berkala merupakan salah satu bukti transparansi investasi di reksa dana. Dengan keterbukaan ini maka para nasabah/investor dapat dengan mudah mengetahui komposisi investasi dan kinerja reksa dana yang dimilikinya.

Saat ini, Panin Bank bekerja sama dengan PT. Panin Asset Management dan PT. Bahana TCW Investment Management dalam menawarkan Reksa Dana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk yang ditawarkan, dapat menghubungi cabang Panin Bank terdekat.

Disclaimer

Reksa Dana merupakan produk Manajer Investasi, bukan merupakan produk Bank, sehingga tidak termasuk dalam cakupan program penjaminan pemerintah dan tidak dijamin oleh Bank. Reksa Dana memiliki risiko investasi. Kinerja masa lalu bukan merupakan kinerja di masa yang akan datang.