Beranda > Bisnis > Layanan Perbankan > Ekspor

Ekspor

Ekspor

Ekspor adalah perdagangan dengan cara mengeluarkan barang dari dalam keluar wilayah pabean Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan layanan ini eksportir (Beneficiary) terjamin pembayarannya sepanjang eksportir dapat menyerahkan dokumen/memenuhi syarat-syarat yang diminta dalam L/C.

Manfaat menggunakan jasa pelayanan L/C ekspor:

  • Eksportir akan merasa aman akan hak dan kewajibannya karena pembayaran akan dilakukan oleh bank setelah ada penyerahan dokumen-dokumen yang sesuai dengan syarat-syarat L/C.
  • Pembayaran dapat diterima segera oleh eksportir sepanjang dokumen yang diserahkan kepada Bank yang ber-negosiasi telah sesuai dengan syarat L/C tanpa harus menunggu importir menerima dokumen atau barang yang dikirim
  • Eksportir dapat menggunakan L/C yang diterima sebagai jaminan untuk pembukaan L/C (back to back L/C) sepanjang memenuhi ketentuan Bank.

Jenis-jenis L/C ekspor atas dasar cara dan saat pembayaran:

  • Sight L/C : Pembayaran akan segera dilakukan setelah adanya penyerahan dokumen yang sesuai dengan syarat L/C
  • Usance L/C : Pada saat penerimaan dokumen yang sesuai syarat L/C, Bank akan segera mengirimkan dokumen kepada bank yang ditunjuk ( issuing bank ). Issuing bank akan melakukan akseptasi ( janji untuk melakukan pembayaran pada waktu tertentu). Bank akan melakukan pembayaran ( diskonto ) kepada beneficiary pada saat issuing sudah melakukan akseptasi. 

Pinjaman/Pembiayaan dan Jasa:

  1. Pre Shipment Financing/ Pre-Export Financing (Pembiayaan Sebelum Pengapalan) Fasilitas pembiayaan bagi eksportir untuk membiayai persiapan ekspor
  2. Post Shipment /Post Export Financing (Pembiayaan Setelah Pengapalan) Fasilitas pembiayaan bagi eksportir untuk membantu arus kas eksportir:
    1. Negosiasi Wesel Ekspor
      Negosiasi merupakan pembayaran di muka kepada Eksportir melalui pengambilalihan dokumen ekspor atas dasar L/C, dengan demikian eksportir tidak perlu menunggu pembayaran dari bank pembuka L/C. Bagi Anda, nasabah eksportir Bank Panin siap untuk melakukan negosiasi dokumen ekspor Anda dengan mengacu kepada ketentuan yang berlaku.
    2. Diskonto Wesel Ekspor
      Merupakan pembayaran dimuka kepada eksportir atas tagihan L/C ekspor berjangka yang sudah diterima (accepted) oleh Bank Pembuka L/C. Anda dimungkinkan untuk menarik pembayaran terlebih dahulu dengan menjual tagihan tersebut kepada Bank Panin. Dengan demikian, kebutuhan cashflow Anda dapat segera terpenuhi karena Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memperoleh pembayaran pada saat jatuh tempo.
  3. Letter of Credit Advising
    Pelayanan penerusan L/C dari luar negeri kepada eksportir
  4. Outgoing Documentary Collection
    Pelayanan penagihan pembayaran kepada pihak luar negeri berdasarkan dokumen yang disyaratkan

Persyaratan Untuk Melakukan Transaksi Ekspor Di Bank Panin :

  • Memiliki SIUP , TDP dan NPWP
  • Ijin usaha dari Departemen teknis / lembaga pemerintah non departemen

Untuk ekspor yang bernilai diatas Rp. 100 Juta maka eksportir harus melampirkan juga formulir Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).