Beranda > Bisnis > Layanan Elektronik > Tips Keamanan

Tips Keamanan Perbankan

Tips Keamanan Perbankan
Sejalan dengan prioritas Panin bank memberikan pelayanan transaksi perbankan terbaik bagi nasabah, Panin Bank senantiasa berkomitmen untuk menjaga keamanan transaksi perbankan para nasabahnya. Berikut tips-tips keamanan untuk Anda dalam melakukan transaksi perbankan melalui Internet Banking, ATM, dan Mobile Banking Panin Bank.

Waspadai Phishing

  • Phishing adalah tindakan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi seperti User ID, PIN, nomor kartu, nomor rekening dll secara tidak benar, data ini dipergunakan untuk melakukan aksi penipuan 
  • Phishing dilakukan kapan saja dan tidak terbatas dengan waktu sedangkan tempatnya bisa dimana saja baik di Indonesia maupun di luar negeri. Biasanya phishing dengan menggunakan web site palsu yang mirip dengan web site resmi/ asli dan ditambahkan logo-logo tertentu yang dapat menyakinkan nasabah. Mengirimkan form isian melalui e-mail yang meminta user ID, password atau PIN dan meminta nasasbah untuk melakukan “Sinkronisasi Token” pada saat login internet Panin. Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan data User seperti user ID, passwobagaimrd atau PIN secara tidak sah.  
Bagaimana mencegah phishing ? Bagaimana phishing dilakukan?
  • Teknik umum yang sering digunakan oleh penipu adalah sebagai berikut:
  • Pastikan ketik URL lengkap untuk alamat web resmi bank yaitu : http://www.panin.co.id
  • Jangan pernah memberikan user ID dan PIN kepada siapapun dan Bank Panin tidak pernah meminta PIN dengan alasan apapun!
  • Jangan terpancing untuk melakukan “Sinkronisasi Token”
  • Jika Anda menerima email yang menyatakan bahwa User ID Anda diblok atau ditutup segera hubungi Call Center Bank Panin di nomor 1500678 (PSTN), 021-2515555 (IDD), atau 60678 (ponsel) 
  • Jika Anda mendapatkan e-mail yang berisi pemberitahuan bahwa Panin Bank sedang meng-upgrade sistem dan meminta Anda melakukan konfirmasi dengan data pribadi, jangan reply atau meng-klik link yang ada pada e-mail tersebut. Panin Bank menerapkan kebijakan untuk tidak meminta pemilik rekening/ nasabah meng-update data melalui sarana e-mail. 
  • Jika Anda sudah terlanjut melakukan reply, segera hubungi call center Panin Bank untuk melakukan penghapusan fasilitas internet banking, dan silakan mendaftar ulang melalui ATM Panin atau cabang yang terdekat 
  • Hati-hati jika Anda akan mereply e-mail yang meminta informasi tentang rekening Anda, seperti User ID, PIN, nomor rekening/nomor kartu ATM, atau pemberitahuan untuk melakukan transfer karena memenangkan undian tertentu. Bisa jadi ini adalah ulah orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengelabui Anda. Modus penipuan seperti ini dikenal sebagai phishing.  
  • Penggunaan alamat e-mail palsu dan grafik untuk menyesatkan Nasabah sehingga Nasabah terpancing menerima keabsahan e-mail atau web sites. Agar tampak meyakinkan, pelaku juga seringkali memanfaatkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi, seperti bank atau penerbit kartu kredit.
  • Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti password, PIN dan nomor kartu kredit
  • Membuat situs palsu yang sama persis dengan situs resmi atau pelaku phishing mengirimkan e-mail yang berisikan link ke situs palsu tersebut.
  • Membuat hyperlink ke website palsu atau menyediakan form isian yang ditempelkan pada e-mail yang dikirim.

Mencegah Phishing
Jangan mudah terpancing untuk mengikuti arahan/petunjuk apapun terkait informasi rekening Anda atau pun permintaan mengup-date data yang diterima lewat e-mail yang biasanya dilengkapi dengan sebuah link yang seakan-akan mengarahkan kita ke situs resmi milik bank tempat kita menabung.

Jika Anda menerima e-mail sejenis ini dan mengatasnamakan Panin Bank berhati-hatilah. Panin Bank menerapkan kebijakan untuk tidak meminta pemilik rekening/Nasabah mengup-date data melalui sarana e-mail. Jika Anda menerima e-mail seperti ini, segera laporkan kepada pihak Panin Bank. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang e-mail yang dikirimkan oleh Panin Bank atau bila Anda merasa bahwa seseorang sedang mencoba melakukan penyalahgunaan atas nama Panin Bank, segera hubungi Panin Bank Call Center dari telepon atau ponsel Anda untuk melakukan konfirmasi.

Tips aman memproteksi diri dari penipuan Phising
  • Nasabah Panin Bank dapat mengakses Tips Internet Banking yang aman di website resmi Panin Bank (http://www.panin.co.id/) dan halaman login Internet Banking
  • Pastikan Anda mengakses Internet Banking Panin Bank yang aman dengan mengakses alamat resmi situs dengan nama URL lengkap yaitu : http://www.panin.co.id
  • Jangan pernah membagi atau memberikan User ID atau PIN Anda pada orang lain bahkan staf Panin Bank sekalipun. Panin Bank tidak pernah menanyakan nomor PIN untuk alasan apapun.
  • Jika Anda mendapatkan e-mail yang berisi pemberitahuan bahwa Panin Bank akan menutup rekening atau User ID Anda, jika tidak melakukan konfirmasi dengan data-data pribadi, jangan reply atau mengklik link yang ada pada e-mail tersebut.
  • Jangan terpancing untuk mengikuti anjuran melakukan transfer ke rekening tertentu, dengan tujuan mendapatkan hadiah undian.
  • Pastikan pada browser anda terdapat gambar gembok / kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda akses saat ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok / kunci, dimohon Anda untuk Logout .
  • Gunakan Firewall pada computer anda dan pastikan bahwa pengaturan firewall tersebut dapat mengamankan komputer anda
  • Token Panin Bank hanya digunakan untuk melakukan transaksi Finansial : transfer, pembayaran, dan pembelian. Serta untuk transaksi non Finansial : aktivasi token Panin.
  • Pengguna internet Banking lebih waspada dan meneliti tampilan pada layar Internet Banking sebelum menginput dan memberikan informasi hasil respon token pada saat bertransaksi demi keamanan dan kenyamanan anda.
  • Jangan pernah melakukan penginputan token Panin Bank di luar kebiasaan transaksi Finansial dan non Finansial.
  • Jangan meminjamkan, memindahtangankan Token Panin anda, serta memberitahukan PIN Token Panin Anda kepada orang lain.
  • Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs Internet Banking Panin Bank , simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks, sehingga untuk selanjutnya jika Anda ingin Login Internet Banking Panin Bank, cukup memilih di menu favorites atau bookmarks.
  • Jika layar atau tampilan Internet Banking Panin Bank berubah, silahkan menghubungi Call Centre Panin Bank 1500678 (PSTN), 021-2515555 (IDD), atau 60678 (ponsel) untuk memastikan Internet Banking yang sah dan aman.
  • Jika anda menerima email yang menyatakan bahwa User ID Anda diblok atau ditutup segera hubungi Call Center Bank Panin 1500678 (PSTN), 021-2515555 (IDD), atau 60678 (ponsel).
  • Jika anda menerima email yang menginformasikan mendapat hadiah atau undian yang kemudian harus mentransfer ke rekening tertentu jangan diikuti anjuran tersebut.
  • Gunakan anti-virus ter-update di Komputer anda, dan pastikan bahwa Komputer anda di-scan secara real-time.
  • Gunakan firewall pada computer anda dan pastikan bahwa pengaturan firewall tersebut dapat mengamankan komputer anda.
  • Pastikan bahwa versi sistem operasi dan perangkat lunak lainnya adalah yang terkini.
  • Pastikan bahwa anda hanya men-download file dari website yang aman dan scan file-file yang berasal dari internet sebelum digunakan.
  • Scan USB flash disk yang anda pakai sebelum digunakan.
  • Hapus email yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan email attachment sebelum dibuka.
  • Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima transfer adalah benar.
  • Periksa daftar rekening tujuan transfer secara berkala. Anda dapat menghapus rekening tujuan yang sudah tidak diperlukan pada menu Administrasi - Hapus Daftar Transfer.
  • Mengganti PIN secara berkala dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas Panin Bank melalui telepon, faks atau email , yang menanyakan data pribadi, termasuk PIN Internet Banking dan PIN Token Panin. Karena petugas Panin Bank tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN.
  • Sebaiknya Anda tidak mengakses internet banking Panin di warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.

Perbedaan website resmi dan website phishing
Phishing dapat dihindari dengan mudah jika kita sudah mengenal dengan baik website yang kita kunjungi. Untuk mengenal dengan baik dapat diawali dengan mulai mengaktifkan layanan Internet Panin beserta Token Panin serta menggunakannya untuk keperluan transaksional perbankan sehari-hari. Ketika mengakses website Panin Bank agar selalu pastikan alamat address bar pada browser yang anda gunakan adalah www.panin.co.id.

  • Jika ditemukan perbedaan, segera tinggalkan website tersebut dan segera laporkan melalui Panin Bank Call Center; untuk menghindari kemungkinan timbulnya korban penipuan pada website phishing tersebut.
  • Waspada Virus/Worm, Trojan, Spyware, dan Bot Virus / Worm Virus/worm adalah program-program komputer yang dapat menyebarkan dirinya dari satu komputer ke komputer lain tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Virus/worm dapat merusak sistem operasi, aplikasi dan data di komputer yang terinfeksi.
Perbedaan Virus Dan Worm
Perbedaan virus dengan worm terdapat dicara penyebarannya. Virus menempati ruangan dalam media penyimpanan (misalnya, melekat pada file atau tersimpan dalam boot sector hard disk) dan umumnya menyebar melalui USB flash disk, lampiran (attachment) email, berkas (file) yang diunduh dari internet, maupun melalui kunjungan ke halaman website yang sengaja dibuat untuk menyebarkan virus. Sedangkan worm menyebar melalui jaringan. Ada juga program gabungan antara virus dan worm, yaitu tersimpan di media penyimpanan namun menyebar melalui jaringan.

Beberapa contoh dampak dari infeksi virus/worm:
  • Komputer menjadi tidak stabil dan sering 'hang' (macet)
  • Komputer menjadi lambat
  • Data di harddisk dirusak atau dikirim ke pihak lain melalui jaringan
  • Program aplikasi tidak dapat digunakan
  • Password yang diketik di keyboard dapat disadap dan dikirim ke pihak lain untuk tujuan penipuan
Trojan
Trojan adalah sejenis virus yang menyamar sebagai berkas lain yang aman, misalnya dokumen Excel yang terlampir pada email. Pengguna komputer ditipu untuk melakukan tindakan yang dapat menyebarkan trojan, misalnya membuka lampiran itu karena mengira itu adalah file Excel biasa padahal sebenarnya berisi program trojan.

Spyware
Spyware adalah sejenis komputer program yang dibuat untuk 'mencuri' informasi-informasi penting/Pribadi dari komputer yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian diambil oleh pembuatnya. Informasi yang menjadi target utama contohnya: nomor kartu kredit, User ID dan PIN/password, nomor rekening, alamat email, dan lain-lain. Spyware dapat ter-install melalui email attachment, program yang di-install dari sumber-sumber yang tidak jelas, ataupun oleh website yang 'jahat'.

Bot (roBot)
Bot adalah sejenis komputer program yang dapat menyebabkan komputer dikontrol oleh orang lain secara remote melalui jaringan. Sang pembuat/penyebar Bot akan dapat melakukan apa saja dengan komputer Anda. Umumnya komputer yang telah terkontrol digunakan untuk mengirim Spam, Virus, Worm atau untuk menyerang komputer-komputer lain.

Mobile Banking
Tips Bertransaksi aman di Mobile Banking :
  • Apabila Anda menerima short message service (SMS) yang isinya Anda memperoleh undian dan untuk mendapatkan hadiah tersebut diharuskan mentransfer dana melalui mobile Banking ke rekening tertentu maka jangan ikuti perintah tersebut karena hadiah yang dijanjikan tidak akan pernah didapat.
  • Jangan pernah mendownload aplikasi Mobile Banking kecuali dari situs resmi Internet Banking Panin Bank dan Customer Service Panin Bank di cabang terdekat.
  • Gunakan jaringan Internet yang menggunakan kata kunci kemanan jaringan atau memiliki bentuk keamanan lainnya, serta tidak disarankan menggunakan akses Wi-Fi publik untuk melakukan transaksi melalui Mobile Banking Anda, karena kepastian keamanan akses Wi Fi pulik / jaringan publik yang tidak terjamin.
  • Mengganti Kode Akses, PIN Mobile Banking Panin Bank, PIN Internet Banking, dan PIN Token Panin secara berkala dengan kombinasi angka/huruf yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas Panin Bank melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk, PIN Mobile Banking Panin Bank, PIN Internet Banking dan PIN Token Panin. Karena petugas Panin Bank tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
  • Jika Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa aplikasi/sertifikat/layanan tidak sah, dimohon Anda tidak melanjutkan akses Mobile Banking dan segera hubungi Call Centre Panin Bank pada nomor 1500678 (PSTN), 021-2515555 (IDD), atau 60678 (ponsel).
  • Apabila Anda kehilangan Handphone Anda, dimohon untuk menghubungi call centre Panin Bank dan provider telekomunikasi anda untuk melakukan blokir atas nomor Handphone Anda.

Tips Pengamanan PIN

  • Tidak memberitahukan nomor PIN kepada siapapun, sekalipun kepada keluarga atau teman dekat.
  • Hindari mencatat nomor PIN dimanapun apalagi menyimpannya di dalam dompet.
  • Mengusahakan orang lain tidak dapat melihat PIN Anda yaitu dengan menutup gerakan jari pada saat Anda menekan tombol pinpad atau saat memasukkan PIN Anda.
  • Mengganti PIN secara berkala dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas Panin Bank melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk nomor PIN. Karena petugas Panin Bank tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN Anda.

ATM
Waspadai Penipuan di ATM
  • Apabila Anda menerima short message service (SMS) yang isinya Anda memperoleh undian dan untuk mendapatkan hadiah tersebut diharuskan mentransfer dana melalui ATM ke rekening tertentu maka jangan ikuti perintah tersebut karena hadiah yang dijanjikan tidak akan pernah di dapat.
  • Pada saat Anda mengalami masalah memasukan kartu atau kartu ATM Anda tertelan sebelum melakukan transaksi dan kemudian ada nasabah lain menawarkan pertolongan dengan menghubungi Call Center melalui ponsel maka Anda harus menolak dan Anda langsung menghubungi Call Centre Bank Panin untuk memblokir kartu dan menginformasikan lokasi area ATM tersebut.
  • Jika Anda transaksi di ATM perhatikan tempat memasukan kartu/card reader apabila ada benda yang mencurigakan yang menempel dan Anda tidak yakin maka jangan lakukan transaksi tersebut